Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie

SENTANI-45 tenaga medis di Kabupaten Jayapura yang pernah terpapar Covid-19, kini semuanya sudah dinyatakan sembuh. 

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie, membenarkan hal itu.  Dikatakan, 45 tenaga medis tersebut sudah dinyatakan sembuh 100 persen.

“Semua sudah dinyatakan sembuh,”kata Khairul Lie kepada wartawan di Sentani, Selasa (8/9).

Dia menjelaskan, dari 45 tenaga medis yang pernah terpapar Covid-19 itu, 34 petugas berasal dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)  Yowari dan 11 lainnya berasal dari Puskesmas yang ada di sekitar Kota Sentani.

“Sudah sembuh dan sekarang mereka kembali lakukan pelayanan terhadap pasien di rumah sakit,” jelasnya.

Terkait hal itu, pihaknya telah melakukan perbaikan tata cara layanan sehubungan dengan pemenuhan standar operasional prosedur pelayanan dan peningkatan perlindungan petugas kesehatan dengan pemenuhan alat pelindung diri. 

Selain itu juga melakukan pemenuhan bahan dan peralatan serta mengatur alur pelayanan tenaga medis.

“Dengan adanya upaya yang kita lakukan,  diharapkan bisa mengantisipasi penyebaran Covid-19 di kalangan tenaga medis saat melakukan pelayanan,” kataya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap, ada kerjasama dari masyarakat untuk lebih waspada dalam hal melakukan kegiatan di tempat-tempat umum, terutama di pasar, minimarket dan sejumlah fasilitas umum lainnya supaya wajib menerapkan protokol kesehatan. (roy/tho)