Beranda LINTAS PAPUA MERAUKE 43 Kampung Persiapan Pemilihan

43 Kampung Persiapan Pemilihan

0
43 Kampung Persiapan Pemilihan
Drs Alberth R. Rapami, M.Si ( FOTO: Sulo/Cepos)
Drs Alberth R. Rapami, M.Si ( FOTO: Sulo/Cepos)

MERAUKE-Dengan anggaran yang cukup besar  turun  ke kampung, membuat persaingan pemilihan kepala kampung dalam beberapa tahun belakangan ini  cukup ketat. Apalagi, honor  mereka setiap  bulannya juga cukup besar membuat banyak warga yang  maju mencalonkan diri sebagai kepala kampung.  

   Kepala Dinas Pemerintahan Kampung Kabupaten Merauke Drs Alberth R. Rapami, M.Si mengungkapkan  bahwa saat ini sebanyak 43 dari 179 kampung yang ada di Merauke sedang mempersiapkan pemilihan kepala kampung. 

  “Ada 43  kampung di 15 distrik yang sedang mempersiapkan pemilihan kepala kampung,’’ tandasnya.

   Di setiap kampung  tersebut telah dibentu panitia pemilihan yang mempersiapkan  terselenggarannya pemilihan kepala kampung secara langsung. “Diharapkan di bulan Juni itu  pemilihan  kepala kampung sudah dilakukan secara serentak.”ujarnya.

   Dikatakan, untuk kampung-kampung yang belum ada penetapan calon, maka masih  dihandle  oleh kepala kampung. Namun kampung yang sudah penetapan calon kepala kampung, masalah pengelolaan anggaran dana kampung tersebut  dilakukan oleh pelaksana tugas (Plt) maupun pelaksana harian.

  “Ada yang ditunjuk  Plt dan ada yang ditunjuk sebagai Plh untuk melaksanakan  tugas-tugas pemerintahan agar  proses pemerintahan di kampung bisa tetap  berjalan. Misalnya pencairan honor kampung, BLT  dan lain sebagainya, “ katanya. 

  Dikatakan, sebelum  calon ditetapkan maka dilakukan proses pendaftaran bakal calon kepala kampung dengan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi. Setelah itu kemudian  dilakukan seleksi dan penetapan  calon.  Para calon juga harus menyampaikan visi misinya kepada masyarakat.  Diakui Alberth Rapami, dengan adanya anggaran yang cukup besar dikelola di kampung menjadikan persaingan pemilihan kepala kampung cukup ketat.  (ulo/tri) 

error: Content is protected !!