Prosesi penyambutan kontingen Cabor Renang Papua yang dipimpin langsung oleh Ketua NPC Papua, Jaya Kusuma di bandara Sultan Mahmud Badaruddin, Minggu (5/4). (FOTO: Erik / Cepos)

Papernas 2021 Papua

JAYAPURA – Sebanyak 42 atlet renang disabilitas Nasional Paralympic Commitee (NPC) Papua disambut meriah saat tiba di Kota Palembang untuk menjalani pemusataan latihan (TC) terpusat demi mewujudkan juara umum pada pelaksanaan Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XVI dibulan November 2021 mendatang.

Penyambutan kontingen renang NPC Papua ini datang dari KONI dan NPC Sumatera Selatan di bandara Sultan Mahmud Badaruddin, Minggu (5/4) malam.

Ketua NPC Papua H. Jaya Kusuma mengatakan para atlet Renang Papua akan ditampung TC terpusat di Wisma Jakabaring Sport City agar para perenang Papua lebih konsen dan fokus untuk berlatih demi mencapai prestasi di cabang olahraga renang.

“Kita pilih di Jakabaring karena lebih terpusat dan para pelatih bisa melatih dengan baik, apalagi disini ada kolam renang yang pernah digunakan eks asian games Palembang 2018 lalu, dan juga berbagai fasilitas lengkap disana,” ungkap Jaya Kusuma kepada Cenderawasih Pos disela-sela penyambutan.

Sementara itu, koordinator pelatih renang yang direkrut langsung dari kota Palembang, Chandra mengakui misi yang sama tidak lain untuk prestasi Papua menuju juara umum di rumah sendiri.

“Tidak ada perbedaan dari Sumsel atau Papua, sebagai pelatih tidak ada artian itu. Karena program sama-sama dibuat maupun evaluasi bersama tim pelatih renang, yang penting kita ada di sini berbuat yang terbaik untuk Papua,” ujarnya.

Ditempat yang sama, pelatih renang asal Papua Yohan Karubaba mengapresiasi bergabungnya para pelatih untuk membantu tim renang di Kota Palembang untuk Peparnas Papua juara umum.

“Kita memberikan apresiasi kepada ketua Umum NPC Papua untuk bisa berlatih di Jakabaring karena fasilitas lengkap,” pungkasnya. (eri/gin).