Khairul Lie (FOTO: Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura merilis 39 pasien Covid-19 yang meninggal dunia. 

“Sejak awal pandemi Covid-19 hingga sekarang ini sudah 39 pasien Covid-19 meninggal dunia,”kata  Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Khairul Lie ketika dikonfirmasi media ini, Selasa (2/2).

Dia mengatakan, hingga saat ini jumlah kasus secara kumulatif sebanyak 1019 orang. Dengan jumlah kesembuhan sudah mencapai lebih dari 80%.

“Jumlah yang sembuh sebanyak 817 orang,” ungkapnya.

Dia mengatakan, sampai saat ini jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Covid- 19 masih terjadi, meskipun jumlahnya tidak signifikan. Namun pemerintah tetap mengharapkan supaya masyarakat di Kabupaten Jayapura tetap waspada dan meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan.

” Kami sampai saat ini terus meminta kepada masyarakat di Kabupaten Jayapura untuk menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

Sementara itu, upaya penanganan dan pembatasan terhadap penyebaran Covid-19 ini rutin dilakukan oleh pemerintah daerah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang dibentuk sejak awal pandemi ini.  Untuk merawat pasien yang terkonfirmasi positif, pemerintah menyiapkan dua skema yang pertama isolasi mandiri di rumah bagi pasien yang tidak menunjukkan gejala klinis. Kemudian bagi pasien yang terkonfirmasi positif disertai dengan gejala klinis tetap direkomendasikan untuk dirawat dengan isolasi terpusat di rumah sakit.

“Sekarang yang masih dirawat ada 163 pasien. Pasien yang terpapar ini dibagi dua kategori, pertama yang disertai gejala, kedua yang tidak disertai gejala sehingga penanganannya pun berbeda,” tambahnya. (roy/tho)