Muhammad Ilham ( FOTO: Sulo/Cepos)

Slot Penerbangan ke Merauke Belum Jelas

MERAUKE-Sales Manager Garuda  Merauke Muhammad Ilham mengungkapkan bahwa  sampai    Kamis (18/6) kemarin, jumlah warga Merauke yang sudah booking tiket untuk   berangkat  dari Merauke  menggunakan  Garuda Indonesia sudah sebanyak  350  orang. 

  “Tapi   bookingan ini  sejak  penutupan penerbangan  penumpang  26 Maret lalu sampai  hari ini. Jumlahnya  sudah  mencapai  350  orang,’’ kata  Muhammad Ilham.

   Sementara   calon penumpang yang akan masuk  menggunakan Garuda Indonesia  tersebut,   Muhammad Ilham  mengaku  belum tahu  secara pasti.   Dia juga  mengaku belum mengetahui secara pasti kapan penerbangan perdana Garuda Indonesia  tersebut ke Merauke  setelah    penerbangan  penumpang ditutup   sejak 26 Maret lalu.  

   Ini karena   pihaknya belum menerima slot  dari  kantor pusat. “Sampai   hari ini,  belum ada slot penerbangan  yang  kami terima   dari  kantor   pusat,’’ tandasnya.   

   Belum adanya  jadwal dan slot penerbangan  tersebut, karena  surat   edaran  terkait  new normal dengan dibukanya   kembali  penerbangan penumpang   tersebut  baru diserahkan  bupati Merauke  Frederikus Gebze  kepada Kabandara Mopah Merauke,   Kamis (18/6). 

   Ilham menjelaskan, bahwa setelah surat edaran   tersebut  diterima  Kabandara, selanjutnya    Kabandara   menyerahkan  kepada  masing-masing   pihak    salah satunya   ke perusahaan  penerbangan. “Jadi kita   masih menunggu  dari kantor pusat,’’ terangnya.  

   Menurut  Ilham, rencana  penerbangan  perdana ke Merauke   pada Minggu (21/6) kemungkinan  besar  tidak  bisa  dilakukan karena  dalam surat  edaran  bupati  Merauke tersebut, penerbangan   ke Merauke hanya  Senin  dan Jumat. “Jadi  sudah tidak mungkin  hari Minggu,   karena  dalam surat edaran  tersebut hanya Senin dan Jumat,’’ tandasnya. 

   Di tempat yang sama, Kepala  Bandara Mopah Merauke Thomas Alva Edison Pepuho.   kepada wartawan   menjelaskan bahwa    untuk jadwal penerbangan diserahkan kepada   masing-masing perusahaan  penerbangan  yang ada  setelah  penerbangan   penumpang  dibuka kembali di Bandara Mopah Merauke. Hanya saja  diakui  Thomas Alva Edison Pepuho  bahwa sampai  sekarang ini  belum ada slot  penerbangan  yang  diterima  pihaknya.  ‘’Sampai  hari ini kami  belum  menerima  slot  penerbangan,”  tandasnya. (ulo/tri)