Kenius Kogoya  (FOTO : Erik / Cepos)

JAYAPURA- Provinsi Papua merupakan salah satu daerah yang memiliki kontribusi untuk menciptakan atlet bagi Indonesia di beberapa cabang olahraga.

Untuk Sea Games Filipina pada November 2019, Papua memberikan kontribusi sebanyak 30 atlet.

Untuk Cabang olahraga seperti Rugby, Papua menyumbangkan 10 atlet yang terdiri dari 6 putri dan dua putra. Softball putri ada 5 atlet, futsal dua atlet, biliar 1 atlet, muaythai 2 atlet serta beberapa cabang olahraga lainnya.

Kenius Kogoya, Sekretaris Umum KONI Papua mengatakan, jumlah atlet Papua yang mengikuti Pelatnas tahun ini kian meningkat dari tahun-tahun sebumnya.

Menurut Kenius, jumlah tersebut juga sebagai bukti, pembinaan cabang olaharaga di wilayah paling Timur Indonesia itu benar-benar menunjukkan peningkatan.

“Kali ini dengan jumlah yang cukup banyak, mengalami peningkatan yang luar biasa karena banyak yang dipanggil ke Pelatnas, Artinya proses pembinaan atlet kita ini dari waktu ke waktu itu meningkat, terlihat dengan banyaknya atlet kita yang masuk ke Pelatnas untuk persiapan Sea Sames,”ungkap Kenius kepada Cenderawasih Pos saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (3/8).

Diharapkan, 30 atlet yang kini digembleng di Pelatnas bisa memberikan kontribusi bagi Tanah Air dalam mendulang medali pada ajang olahraga negara-negara Asia Tenggara.

Kenius juga berharap, hal tersebut kain terus meningkat pasca PON XX 2020 mendatang. Pasalnya, PON XX Papua akan menjadi momentum kebangkitan olahraga di Tanah Papua.

Dirinya menambahkan, KONI Papua juga tetap akan memperhatikan atlet-atlet Papua yang sedang mengikuti Pelatnas.

“Ini sama saja dengan mengikuti TC terpusat, karena sudah masuk dalam Pelatnas, tapi KONI tetap memperhatikan mereka dalam hal kebutuhn mereka sehari-hari, KONI tidak akan membiarkan begitu saja, karena mereka juga akan dipersiapkan Papua pada PON nantinya,” tandasnya. (eri/tho)