MERAUKE- Sebanyak   26 warga  Merauke yang   reaktif  saat melakukan rapid test  menjalani   swab   kedua kalinya  untuk dilakukan  pemeriksaan   di  Test  Cepat  Molekuler  (TCM)  RSUD Merauke. “Hari ini   ke-26   orang yang reaktif   tersebut menjalani   swab kedua kalinya untuk  dilakukan    pemeriksaan. Besok (hari ini, red) baru bisa diketahui  hasilnya,’’ kata   Plt Kepala Dinas Kesehatan   Kabupaten Merauke  dr. Nevile R. Muskita ketika   ditemui media ini di Bandara Mopah merauke,  Jumat (26/6).  

dr. Nevile R. Muskita

   Nevile menjelaskan bahwa sesuai dengan ketentuan   WHO  bahwa  untuk menentukan   positif  terpapar Corona atau tidak,  maka harus menjalani pemeriksaan   dua  kali swab. Nevile menjelaskan bahwa  26 orang yang  reaktif   tersebut terdiri dari hasil rapid test  di    Pasar Wamanggu  Merauke sebanyak 19 orang,  kemudian  rapid test   bagi  petugas dan  TKBM di Pelabuhan  sebanyak 4 orang dan 3 orang lainnya  yang akan melakukan  perjalanan   keluar  Merauke dan saat melakukan rapid test sebagai  salah satu syarat perjalanan ternyata hasilnya    reaktif. “Sehingga   mereka   harus diswab,’’ terangnya.  

   Dijelaskan kembali bahwa  26 orang yang  reaktif   tersebut dilakukan  karantina  khusus  di  Hotel  Asmat  dan  Wisma Atlet PON  XX  yang ada di  Pompa Air Mulli. “Mereka   dikarantina secara khusus   dikedua  tempat  tersebut,” tandasnya.     

  Sekadar diketahui bahwa sejak Jumat (19/6) minggu  lalu,  dari 17  pasien  Covid-19  yang dirawat di RSUD Merauke  seluruhnya telah dinyatakan sembuh. Termasuk   10  pasien  Covid rujukan dari  Boven Digoel yang   dirawat di RSUD Merauke semuanya  dinyatakan  sembuh. Selain itu, juga tidak ada lagi   pasien  dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di rumah sakit   daerah tipe  C  tersebut. (ulo/tri)