46 Pasien Masih Dirawat

SENTANI-Sejak Covid-19 ini menyebar di sejumlah wilayah di Kabupaten Jayapura tercatat secara kumulatif jumlah warga yang terpapar Covid-19 itu sebanyak 277 orang. Pasien tersebut dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yowari dan sejumlah rumah sakit yang ada di Kota Jayapura.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie

“Ada juga pasien positif Covid-19 tanpa gejala yang kami arahkan untuk isolasi mandiri di rumah,”kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie kepada wartawan di Sentani, Sabtu (8/8).

Dari jumlah itu, sebanyak 228 pasien sudah dinyatakan sembuh atau  82 persen dari jumlah kasus positif. Sementara yang masih dirawat sebanyak 46 pasien atau 17 persen jumlah kasus. Sejak awal, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sudah memperketat aktivitas masyarakat. Sehingga jumlah temuan kasus baru di Kabupaten Jayapura sejak awal terjadinya pandemi Covid-19 itu tidak terlalu signifikan. Bahkan Pemkab Jayapura juga melakukan penyekatan dan pemberlakukan karantina wilayah tertentu di Pasar Lama  selama 14 hari. Hasilnya memuaskan, temuan kasus baru  Covid-19 bisa dikendalikan.

“Sejak awal kita menerapkan karantina wilayah, kemudian melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah wilayah yang terpapar Covid-19,”jelasnya. Gugus tugas juga melakukan tracing kontak erat terhadap warga yang melakukan kontak dengan pasien terpapar. Dari situ, pihaknya lebih dulu mengetahui, melakukan penanganan yang tepat sehingga, yang sudah menunjukan gejala, dilakukan Rapid Test dan swab, sehingga bisa dideteksi lebih awal.

Sampai saat ini, jumlah pasien Covid-19 yang terbanyak masih berada di wilayah Distrik Sentani Kota, Waibu, Sentani Timur. Daerah tersebut masih masuk dalam zona merah karena jumlah pasien yang masih signifikan. Sementara untuk daerah lainya yang pernah ditemukan kasus dan masuk zona merah, kini berhasil ditekan.

Dengan dilakukanya upaya pencegahan hingga di tingkat kampung, jumlah temuan kasus baru berhasil ditekan. Disatu sisi jumlah pasien sembuh juga meningkat.(roy/tho)