Sebanyak 211 warga Biak yang berangkat dari Manokwari dan Numfor dengan menggunakan KM. Kasuari Pasifik IV  ketika tiba di Pelabuhan Mokmer Biak, kemarin. ( FOTO: Fiktor/Cepos)

BIAK- 211 warga Biak yang berangkat dari Manokwari dan Numfor dengan menggunakan KM. Kasuari Pasifik IV  tiba di Pelabuhan Mokmer Biak,  Jumat (12/6) kemarin. Penumpang sebanyak itu masing-masing 148 warga Biak yang sempat terkena dampak lockdown di Manokwari dan 63 orang lainnya dari Numfor. 

  Kapal Kasuari Pasifik IV  itu adalah kapal yang fasilitasi Pemerintah Kabupaten Biak Numfor membawa penumpang dari Biak ke Manowari dan Numfor sebanyak 60 orang, dua hari sebelumnya. Kepergian dan kepulangan warga Biak di Manokwari tidak terlepas dari upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Biak Numfor. 

  “Kapal Kasuari Pasifik IV ini adalah kapal yang membawa penumpang dari Biak ke Numfor dan Manokwari  dua hari lalu. Nah, setelah balik juga membawa warga Biak yang selama ini tertahan di Manokwari, termasuk ada yang dari Numfor. Jadi mereka sudah turun, dan sisa warga Biak yang masih tertahan di Manokwari rencananya kembali akan dipulangkan dengan menggunakan kapal yang sama,” kata Bupati yang juga adalah Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd. 

  Sebanyak 211 warga yang tiba di Pelabuhan Mokmwer langsung diperiksa kesehatannya oleh tim kesehatan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), tim medis Puskesmas Paray dan tim kesehatan dari RS TNI AL. Pemeriksaan kesehatan itu dinilai penting supaya dilakukan perawatan jika ada warga yang dalam kondisi kesehatan tidak baik. (itb/tri)