Imanuel Gobay, SH., MH ( FOTO: Yewen/Cepos)

JAYAPURA- Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Papua dan Papua Barat selaku kuasa hukum 12.447 orang tenaga honorer terus memantau perkembangan kuota tenaga honorer yang diajukan Pemerintah Provinsi Papua kepada Menteri Pendayagunaan dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) untuk diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS) di berbagai kabupaten/kota di Provinsi Papua sesuai dengan kuota yang telah diberikan, yaitu 20 ribu orang tenaga honorer untuk Provinsi Papua. 

Direktur LBH Papua dan Papua Barat selaku Kuasa Hukum Forum Komunikasi Provinsi Papua, Imanuel Gobay, S.H, M.H meminta Menpan-RB dan Pemprov Papua untuk segera mengangkat ribuan honorer yang telah diperjuangkan ini. 

“Menpan-RB dan Pemprov Papua segera mengangkat 12.447 orang tenaga honorer menjadi CPNS sesuai perintah Pasal 132, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara,” ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Rabu (3/3).

Tak hanya itu, Gobay meminta Menpan-RB dan Pemprov Papua untuk tidak memanfaatkan perjuangan 12.447 orang tenaga honorer yang tergabung dalam Forum Komunikasi Honoree Provinsi Papua.

Gobay juga meminta Kepala Badan Kepgawaian Daerah (BKD) Provinsi Papua untuk segera memberikan data 12.447 orang tenaga honorer yang telah diperjuangkan kepada Menpan-RB, sehingga segera diangkat menjadi PNS.  

“Kepala BKD Papua agar segera memberikan data nama tenaga honorer Papua yang tergabung dalam Forum Komunikasi Honorer Provinsi Papua kepada Menpan-RB dan Pemprov Papua untuk diangkat jadi Pegawai Negeri Sipil,” tegasnya. 

Gobay menyatakan, LBH selaku kuasa hukum dari Forum Komunikasi Honorer Provinsi Papua menegaskan kepada BKD Provinsi Papua untuk segera menindaklanjuti pemerintah Gubernur Papua melalui Wakil Gubernur Papua untuk mengangkat 20 ribu orang tenaga honorer se-Papua. 

“Atas kebijakan tersebut Forum Komunikasi Honorer Provinsi Papua dan LBH Papua bersepakat akan mengawal hingga janji penerimaan 20 ribu tenaga honorer di Papua akan diangkat menjadi CPNS,” ujarnya. (bet/nat)