Susana rapat pleno Pilkada Susulan tingkat kabupaten di kantor KPU Kabupaten Boven Digoel, Minggu (3/1). ( FOTO: Humas Polda Papua for Cepos)

JAYAPURA- Sebanyak 20 distrik di Kabupaten Boven Digoel telah selesai melaksanakan rapat pleno Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Susulan.

Rapat pleno tingkat Kabupaten Pilkada susulan Bupati dan Wakil Bupati Boven Digoel dilakukan di aula kantor KPUD Kabupaten Boven Digoel, Minggu (3/1)

Kabid  Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kama mengatakan, sebelumnya pada 2 Januari 2021 terdapat 17 distrik telah selesai melaksanakan pleno dan disusul Minggu (3/1) sebanyak tiga distrik yang melaksanakan pleno.

“Tiga distrik yang pleno pada Minggu yakni Distrik Mandobo, Distrik Sesnuk dan Distrik Jair telah selesai melaksanakan rapat pleno tingkat Kabupaten Pilkada susulan Bupati dan Wakil Bupati Boven Digoel,” ungkap Kamal saat dikonfirmasi Minggu (3/1).

Dikatakan, untuk personel yang dilibatkan dalam pengamanan di sekitar kantor KPUD Boven Digoel sebanyak 168 orang personel gabungan TNI dan Polri, untuk menjaga situasi tetap aman dan kondusif.

“Situasi saat pelaksaan hingga berakhir dalam keadaan aman dan kondusif. Kami mengharapkan kepada seluruh warga Kabupaten Boven Digoel untuk menerima hasil pleno yang dilaksanakan oleh pihak penyelenggara,” ucap Kamal.

Lanjutnya, apabila ada yang tidak menerima hasil tersebut ada jalur hukum yang harus ditempuh dan tidak mengerahkan massa dalam jumlah banyak. Karena akan menimbulkan klaster penyebaran Covid-19.

 Dikatakan, rapat pleno dipimpin oleh Ketua KPU Provinsi Papua Theodorus Kossay, selaku Ketua KPUD Boven Digoel yang didampingi lima Komisioner KPU Provinsi Papua yakni Zandra Mambrasar, Melkianus Kambu, Fransiskus Antonius Letsoin, Zufri Abu Bakar dan 1 Komisioner KPUD Boven Digoel, Johana Maria Ivone. (fia/nat)

Sebelumnya, Pilkada susulan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Boven Digoel digelar sejak 28 Desember lalu. (fia)