Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si  saat menyaksikan secara langsung  petugas membuka  portal di jalan masuk Pasar Lama Sentani, Rabu (6/5). ( FOTO: Robert Cepos)

SENTANI-Bupati yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si  akhirnya membuka kembali akses ke Pasar Lama setelah daerah itu dikarantina selama 14 hari sejak tanggal 22 April hingga 6 Mei 2020.

“Jadi hari ini sudah 14 hari keputusan karantina wilayah tertentu di 2 kelurahan dan 8 RT di Distrik Sentani,” katanya.

Mengenai keputusan tersebut menurut olitisi Partai Nasdem itu sudah dibicarakan bersama dengan Forkopimda Kabupaten Jayapura. Keputusan itu juga diambil berdasarkan data-data lapangan hasil pemeriksaan ketat terhadap warga Pasar Lama terkait dengan indikasi penyebaran Covid-19 di wilayah itu. Sehingga bagi mereka yang dinyatakan reaktif dari hasil pemeriksaan dengan menggunakan alat Rapid Test akan  dilakukan pengawasan secara ketat dengan pemeriksaan lanjutan menggunakan sampel swab tenggorokan atau PCR. Sedangkan bagi warga  yang dinyatakan negatif atau non reaktif dari hasil pemeriksaan alat Rapid Test supaya tetap mengikuti aturan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

“Bagi mereka yang negatif di dalam wilayah itu tetap menjaga protokol kesehatan,” ujarnya.

Lanjut dia, tim medis telah melakukan pemeriksaan terhadap  lebih 2000  warga di kompleks Jalan Pasar Lama Sentani untuk memastikan penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat. Hasilnya, sebanyak 122 orang dinyatakan reaktif dan akan dilakukan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan status kesehatan dari warga tersebut. (roy/tho)