Jaya Kusuma  ( FOTO : Erik / Cepos)

JAYAPURA-Ketua National Paralympic Commite (NPC) Papua, Jaya Kusuma, mengatakan, dalam kunjungan kerja bersama Sekretaris Disorda Papua, Perwakilan Bappeda Papua dan penanggungjawab 13 Cabang Olahraga (Cabor) ke NPC Indonesia Pusat di Solo Jawa Tengah pekan lalu telah menetapkan 13 Cabor yang akan dipertandingkan pada Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XVI, Tahun 2020 di Tanah Papua.

“13 Cabor ini yakni Atletik, Renang, Boccia, Tenis Meja, Catur, Bulu Tangkis, Angkat Berat, Blind Judo TN, Tenis Lapangan Kursi Roda, Panahan, Menembak, Sepakbola CP, dan Volly Duduk,” ungkap Jaya Kusuma kepada awak media saatditemui di Swiss-belhotel Jayapura, Selasa (23/7).

Dikatakan, pertemuan tersebut juga membahas peralatan pertandingan yang akan dipinjamkan pasca Asian Para Games 2018 lalu, termasuk SDM pertandingan. Dimana TD maupun koordinator 13 Cabor bersinergi menyusun perencanaan seluruh penyelenggaraan Peparnas 2020. Apalagi event ini satu paket dengan PON berdasarkan undang-undang.

“NPC Pusat akan membantu sepenuhnya peralatan dipinjamkan kepada Papua tuan rumah Peparnas 2020, ini langkah yang baik dalam kunjungan kita, tinggal tanggung jawab Pemda untuk biata pengiriman ke sini,”tandasnya. 

Setelah kunjungan yang dilakukan ke Solo Jawa Tengah. Kata Kusuma, NPC Pusat maupun TD dari 13 Cabor, termasuk Panwasrah akan melakukan kunjungan ke Papua untuk melihat secara langsung venue yang akan menjadi tempat pertandingan.(eri/tho)