Desy Wanggai  ( FOTO : Erik / Cepos)

JAYAPURA – Sebanyak 11 klub akan mengikuti Kejuaraan Rugby Papua Open VI yang akan dilaksanakan di Lapangan Trikora Universitas Cenderawasih, 3 Agustus nanti.

Dari 11 klub tersebut, Kejuaraan Rugby Papua Open ini tidak hanya diikuti oleh klub-klub Rugby Papua, namun juga beberapa klub Rugby dari Papua Barat dan Bali juga ikut ambil bagian dalam kejuaraan ini.

Ketua Panitia, Desy Wanggai mengatakan, kejuaraan ini akan memperebutkan piala bergilir Pengprov Persatuan Rugby Indonesia (Prui) Papua, serta piala tetap bagi juara satu, dua dan juara tiga.

“Memperebutkan piala bergilir serta piala tetap, akan diikuti 11 klub yang terdiri dari 11 putra dan 5 putri, serta dua klub junior,” ungkap Desy kepada Cenderawasih Pos saat ditemui di Lapangan Trikora Uncen, Rabu (31/7) kemarin.

Dijelaskan, untuk dua klub junior dari Hollandia Rugby Jayapura dan Maoro Laker Rugby Club hanya sebatas partai eksebisi ajang mempromosikan cabang olaharga Rugby di Tanah Papua.

Bahkan dikatakan Desy, kejuaraan ini juga sebagai ajang tes event bagi atlet Rugby PON Papua. Pasalnya kejuaraan ini diikuti oleh beberapa atlet Rugby PON Papua yang tersebar di beberapa klub.

“Kejuaraan ini juga diikuti oleh atlet PON, mereka tersebar di beberapa klub yang ikut, mereka kembali memperkuat klubnya masing-masing, sehingga kejuaraan ini lebih menambah jam tandingan mereka, serta mengasah mental atlet,” ujarnya.

Dikatakan, kejuaraan ini juga akan dipimpin langsung oleh wasit-wasit nasional. “Sebelum kejuaraan, kita juga akan lakukan pelatihan wasit pada tanggal 1-2 Agustus. Ini sebagai ajang menciptakan wasit regenerasi di Tanah Papua,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Harian Prui Papua, George Deda menambahkan, kejuaraan ini merupakan agenda tahunan Pengprov Prui Papua, sekaligus ajang evaluasi atlet Rugby PON.

“Kami akan lakukan evaluasi, sehingga lewat Rugby Papua Open ini kita melihat potensi atlet-atlet lainnya yang bisa kita rekrut jelang TC terpusat,” ucapnya.

Sekadar diketahui, 11 klub yang mengikuti kejuaraan Rugby Papua Open diantaranya, Hollandia Rugby Jayapura (putra-putri-junior), Manuai Rugby (putra-putri), Black Warriors Rugby Club (putra), Kenambai Umbai Rugby Club (putra-putri), Maoro Laker Rugby Club (putra-putri-junior), Black Arrows (putra-putri), Bugin Me Rugby Club (putra), Managas Rugby Club (putra), Yetelasf Oksibil Rugby Club (putra), Oil Rigs Rugby (putra), Bali Chillis (putra). (eri/tho)