Drs. Sumartono ( foto: Robert Mboik Cepos)

Pemkab Siap Bangun Tugu Peringatan Banjir Bandang 

SENTANI-Untuk mengenang peristiwa banjir bandang terjadi di Kabupaten Jayapura pada Maret 2019 lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah akan membangun tugu peringatan di Kampung Kemiri Sentani.

“Kami akan membangun tugu peringatan banjir bandang di Kampung Kemiri,”kata Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Jayapura, Drs. Sumartono kepada wartawan, Kamis (5/3).

Dikatakan, bertepatan dengan satu peristiwa banjir bandang itu, pihaknya juga akan menggelar doa bersama sebagai peringatan satu tahun bencana itu. Melalui doa bersama itu juga untuk mendoakan semua yang menjadi korban dalam peristiwa itu.

“Ibadah bersama mengenang peristiwa setahun bencana banjir bandang itu akan melibatkan seluruh jajaran OPD, dan masyarakat pencinta lingkungan. Intinya kita ingin memperingati itu dalam ibadah syukur,”tambah Sumartono.

Lanjut dia, ibadah bersama tersebut akan dirangkaikan dengan pencanangan deklarasi Cagar Alam Cycloop yang dilaksanakan pada 16 Maret 2020 nanti. 

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Jayapura, Levinus Ragainaga menambahkan, pembuatan tugu tersebut merupakan rangkaian refleksi satu tahun bencana alam banjir bandang dan longsor yang menyebabkan kerusakan berbagai fasilitas umum di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura.

Tugu ini seperti yang ada di Bali, tapi kalau di Bali itukan Monumen Ground Zero Bali yang didedikasikan untuk korban tragedi bom Bali. Pihaknya mau bikin seperti itu. Kalau orang datang ke Bali dan mau lihat nama-nama korban tragedi bom Bali, mereka tinggal baca nama-nama korban yang meninggal atas tragedi bom Bali tersebut. 

“Kami juga akan bangun seperti itu di Kemiri, kami akan tulis nama-nama korban meninggal sebanyak 106 orang serta penandatanganan prasasti,”tambahnya. (roy/tho)