*Kasus Positif Bertambah 15

JAYAPURA-Terjadi penambahan sebanyak 15 kasus positif baru di Provinsi Papua, Senin (8/6). Penambahan tersebut terjadi di Kabupaten Mimika sebanyak 10 kasus dan 5 kasus di Kabupaten Jayapura.

Selain penambahan kasus Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K)., mengabarkan adanya penambahan 10 pasien Covid-19 yang sembuh. Penambahan 10 kasus sembuh ini semuanya berasal dari Kabupaten Mimika. 

“Atas nama Satgas Covid-19 dan Pemerintah Provinsi Papua, kami memberikan apresiasi dan penghargaan bagi seluruh tenaga medis, khususnya di Kabupaten Mimika, dalam menangani pasien Covid-19 sehingga dapat memperoleh kesembuhan,” ucap dr. Silwanus Sumule dalam videoconference, Senin (8/6).

Mengenai penambahan kasus positif, pihaknya memberikan perhatian khusus kepada Kabupaten Jayapura yang kemarin kasus positif komulatifnya mencapai 106 kasus. 

dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K)., ( FOTO: Gratianus Silas/Cepos)

“Harapan kami, tim surveilans dapat melakukan rapid test maupun mengambil sampel swab bagi ODP maupun PDP sehingga dapat diketahui hasilnya. Hal yang sama perlu untuk dilakukan kabupaten lainnya. Jikalau ditemukan reaktif pada rapid test, maka segera dilanjutkan dengan pemeriksaan PCR,” pintanya. 

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) menurutnya juga bertambah sebanyak 7 pasien. Penambahan tersebut terjadi di Kota Jayapura sebanyak 5 pasien. Kemudian Kabupaten Jayawijaya dan Biak Numfor masing-masing 1 pasien. 

“Sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) juga bertambah 98  orang, yakni 2 orang di Merauke, 27 orang di Jayawijaya, 19 orang di Mimika, 1 orang di Boven Digoel, 3 orang di Pegunungan Bintang, dan 31 orang di Tolikara, serta 15 orang di Kota Jayapura,” tambahnya.

Dari uraian yang telah disampaikan, dr. Silwanus Sumule menyebutkan total jumlah kasus positif kumulatif di Papua mencapai 1.080 kasus. Dari jumlah tersebut, 766 pasien masih menjalani perawatan, 300 dinyatakan sembuh dan 14 pasien meninggal dunia. “ODP diketahui sebanyak 3.121 orang, PDP berjumlah 790 pasien, dan pemeriksaan PCR telah mencapai 5.940 sampel,” tutupnya. (gr/nat)