Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw memberikan ucapan selamat kepada Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Gustav R Urbinas bersama anggota Polda Papua lainnya yang naik pangkat di Mapolda Papua, Kamis (31/12) ( FOTO: Elfira/Cepos)

Kapolresta Jayapura Kini Berpangkat Kombes

JAYAPURA- Tahun 2021 ditandai dengan sebanyak 1.755 anggota dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Polda Papua serta Polres Jajaran naik pangkat. Salah satunya Kapolresta Jayapura Kota dari AKBP menjadi Kombes Pol Gustav R Urbinas. Adapun sebanyak 1.755 personel yang terdiri dari 732 personel Polda Papua dan 1.023 personel Polres Jajaran.

 Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, kenaikan pangkat harus dibarengi dengan peningkatan kinerja dan tanggung jawab dalam setiap pelaksanaan tugas, dengan diwujudkan dalam bekerja dengan penuh keiklasan dan semangat pengabdian sebagai  pelayan  prima kepada masyarakat, serta memupuk rasa kebanggan diri untuk menjadi Bhayangkara sejati pelayan masyarakat.

 “Pencapaian menjadi penyemangat dalam memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara,” ucap Kapolda saat memimpin upacara Korp Raport kenaikan pangkat anggota Polri dan PNS Polda Papua tahun 2020 di Aula Rastra Samara Mapolda Papua,” Kamis (31/12).

 Kapolda juga mengingatkan tantangan tugas kedepan akan semakin berat, karena diprediksi pandemi Covid-19 masih terus berlanjut dan tahapan Pilkada pasca perhitungan suara dan pleno tingkat kabupaten masih terdapat beberapa kandidat yang menempuh jalur hukum dengan mengajukan gugatan.

 “Ini langkah yang baik dalam rangka mendapatkan keadilan dalam penyelesaian permasalahan Pilkada, kita tidak boleh lengah dan tetap waspada mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan bersama,” kata Kapolda. 

 Adapun kenaikan pangkat terhadap para Pamen, Pama, Bintara dan Tamtama Polda Papua sebanyak 1.755 orang  yang terdiri dari

 Pamen : 28 orang yang terdiri AKBP ke Kombes sebanyak 4 orang, Kompol ke AKBP sebanyak 5 orang Pengabdian, Kompol ke AKBP sebanyak 4 orang. AKP ke Kompol Pengabdian sebanyak 3 orang dan AKP ke Kompol sebanyak 12 orang.

Pama sebanyak 179 orang yang terdiri Iptu ke AKP : 38 orang, Iptu ke AKP Pengabdian : 4 orang, Ipda ke Iptu : 132 orang, Ipda ke Iptu Pengabdian : 2 orang, Aiptu ke Ipda Pengabdian : 3 orang

Bintara : 1.391 orang, yang terdiri Aipda ke Aiptu : 89 Orang, Bripka ke Aipda : 195 orang, Brigpol ke Bripka : 529 orang, Briptu ke Brigpol : 160 orang, Bripda ke Briptu : 418 orang

Tamtama : 153 orang yang terdiri atas Bharatu ke Bharaka : 83 orang, Bharada ke Bharatu : 70 orang dan PNS : 4 orang. (fia/wen)